Pages

Labels

Jumat, 26 Oktober 2012

TIPS dan TRIK Mixing

Pernahkah anda mendengar lagu / musik yang terdengar sangat beda bahkan aneh jika di dengar dr berbagai macam speaker? Ya, benar. Lagu tersebut pasti tidak di MIXING dengan benar.
Oleh karena itu, di postingan kali ini saya akan membahas mengenai TIPS dan TRIK Mixing secara mudah dan menyenangkan.

Ok, Tanpa banyak bacot, langsung saja kita bahas :
1. EQ / Equalizer
          Equalizer adalah suatu perangkat hardware atau software yang berfungsi memisahkan antar instrument sesuai dengan frequensinya masing-masing. Bayangkan saja apabila ada beberapa instrument yg letak frekuensinya sama, pasti akan saling bertabrakan, alhasil pasti salah satu dr instrument yg tabrakan tersebut akan kalah atau biasa orang-orang menyebutnya "tenggelam / mendem".
          Beberapa contoh equalizer yang sering saya pakai :
Modern Equalizer

Parametriq Eq2

Waves Q10


Untuk lebih mudahnya dalam pembagian frekuensi, anda bisa perhatikan tabel di bawah ini 

Klik untuk memperbesar
Di tabel di atas di jelaskan range frekuensi dr masing-masing instrument.
Saran saya, gunakan Equalizer seperlunya, jangan gunakan pd setiap instrument ,karena banyak jg instrument yg sudah tepat frekuensinya tnpa harus di atur lg equalizernya :)

2. Compressor
          Compressor ini berfungsi untuk meratakan signal pada audio. Seperti contoh pada saat orang bermain drum, tidak mungkin kan seorang drummer yg hanya manusia biasa bisa memukul drum dengan tenaga yang rata, pasti ada kalanya keras dan ada kalanya jg pelan. Nah, Compressor di sini berfungsi untuk meratakan agar pukulan yang di hasilkan dr awal lagu sampai akhir lagu bs sama rata, atau bs jg di sebut "mengurangi range velocity / volume". Tapi penggunaan compressor ini saya anjurkan untuk anda yang benar-benar paham dlm menggunakannya. Karena, kebiasaan orang yang "OVER COMPRESS" malah membuat audio menjadi tidak natural, bahkan seperti tercekik.
Ok, Untuk mengetahui lebih detail mengenai Compressor, akan saya bahas pada postingan selanjutany .. :)

3. Panning dan Volume
            Panning adalah pengaturan letak instrument yang pada umumnya berdasarkan pd sumbu X (Kiri/Kanan). Sebenarnya panning sendiri tidak hanya berpusat pada sumbu X, melainkan jg pada sumbu Y (Atas/Bawah) dan sumbu Z (Luar/Dalam). Yang kebanyakan Sound Enginer memanipulasi dg menggunakan stereo shaper, stereo tool, stereo enchaner, bahkan jg dg tambahan reverb agar bs si instrument menempati ruangan yg di inginkan.
            Volume adalah pengaturan keras tidaknya instrument yg biasa orang gunakan untuk memilih instrument yg dominan / melody dan instrumen yg hanya sbg backsound / rythm.

4. Effect Tambahan
             Saya menambahkan opsi ini, karena saya pikir imajinasi antar seorang sound enginer akan berbeda-beda, sehingga penambahan effect ini akan memperlihatkan karakter masing-masing dr Sound Enginer tersebut.
Beberapa contoh effect tambahan :
  • Reverb (Pembentuk ruangan)
  • Delay (Pengulangan signal)
  • Doubler (Mempertebal signal)
  • Chorus
  • dll.

Saran saya, gunakan otak kanan anda ketika MIXING , karena pada proses ini kita membutuhkan imajinasi untuk mendapatkan hasil yg sempurna. "Believe your mind..."
Teori di atas tidaklah wajib di gunakan, karena saya hanya membantu temen-temen yg sedang belajar :D
Jika  imajinasi anda lebih bagus, NOW, LET'S DO IT !!! ikuti kata hatimu.....

Baik, sekian dl tutorial saya mengenai TIPS dan TRIK Mixing , sampai ketemu di postingan selanjutnya..
Buat yg pengen request postingan jg bs.., MARiiii.....

http://belajarmusikdigital.blogspot.com/

2 komentar:

  1. mantap gan inponya... lanjutin dong ke detailnya

    BalasHapus
  2. Tipsnya mantap bro, mohon izinkan saya berbagi link buat yg ingin memperdalam berbagai tehnik gitar secara lengkap, dan mengunduh materi untuk pemula, blues, jazz dlm bhs Indonesia silahkan kunjungi www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih bro

    BalasHapus